The Importance of Prayers for a Muslim


Assalamualaikum Wr.Wb

Ancaman Dan Celaan Bagi Orang Yang Meninggalkan Shalat

 
Dalam kitab kitab hadist, banyak di sebutkan mengenai siksa pedih bagi siapa saja yang meniggalkan shalat. Namun sebagai hamba allah kita sering khilaf dengan ancaman  siksa Allah yang sangatlah pedih, Karena terlalu sibuk mementingkan kehidupan dunia yang bersifat sementara ini. Semoga Allah menjaga keimanan kita dan tidak mencabutnya pada saat kita masih hidup di dunia ini. Meskipun Baginda Rasulullah SAW sangat memperhatikan shalat, kita kadang - kadang tidak memperhatikannya, tanpa perasaan malu. Padahal kita mengaku sebagai umatnya dan pengikuitnya yang senantiasa merasa sebagai pejuang islam di akhir zaman ini.

   Hadits pertama yang menyebutkan Pembeda Antara Orang Beriman & Kafir Adalah Shalatnya 

Dari Sayyidina Jabir bin Abdillah Radhiyallahu 'anhu, ia berkata Baginda Rasulullah SAW bersabda, "Dengan meninggalkan shalat tidak ada lagi pemisah antara sesesorang dengan kekufuran."(H.R. Ahmad, Muslim)
Dalam riwayat lain disebutkan, "Dengan meninggalkan shalat tidak ada lagi pemisah antara seseorang dengan syirik dan kufur." (H.R. Abu Daud)
Dalam riwayat lain pula disebutkan, "Dengan meninggalkan shalat tidak ada lagi pemisah antara iman dan kufur." (H.R. Tirmidzi)

Hadits kedua yang merupakan Tujuh Nasihat Baginda Rasulullah SAW

Dari Sayyidina Ubadah bin Shamit Radhiyallahu 'anhu, ia berkata,"Kekasihku, Baginda Rasullulah SAW, berwasiat kepadaku dengan tujuh hal (empat diantaranya adalah): (1)janganlah menyekutukan Allah SWT dengan apa pun walaupun kamu dipotong - potong, dibakar, atau disalib, (2)janganlah meninggalkan shalat dengan sengaja, karena barangsiapa sengaja meninggalkan shalat sungguh ia telah keluar dari agama , (3)janganlah bermaksiat, karena maksiat itu menyebabkan murka allah SWT, dan (4)Janganlah minum Khamr, sesungguhnya itu kunci segala keburukan."

Hadits ketiga yaitu Mementingkan Shalat dan Mendidik Anak

Dari Sayyidina Mu'adz bin Jabal Radhiyallahu 'anhu, ia berkata, "Baginda Rasulullah SAW berwasiat kepadaku sepuluh perkara. Beliau Bersabda, '(1)janganlah menyekutukan Allah SWT dengan apapun, meskipun kamu dibunuh atau dibakar, (2)janganlah mendurhakai orang tuamu, meskipun mereka memerintahkan kamu harus berpisah dengan istri dan hartamu, (3)janganlah sekali - kali sengaja meninggalkan shalat fardhu, karena sesungguhnya orang yang sengaja meninggalkan shalat fardhu telah terlepas dari jaminan Allah SWT, (4)janganlah minum Khamr, sesungguhnya ia pangkal dari keburukan, (5)jauhilah maksiat, karena maksiat menyebabkan murka Allah SWT, (6)janganlah lari dari medan perang, walaupun teman - temanmu gugur,  (7)tetaplah di tempatmu, kendatipun wabah penyakit (seperti wabah pes dan lain - lain) menimpa orang orang, (8)nafkahilah keluarga semampumu, (9)janganlah tinggalkan tongkatmu (rotan) untuk mendidik anak - anakmu, dan (10)takut - takutilah mereka kepada Allah SWT (supaya tidak berbuat keburukan).'" (H.R. Ahmad,Thabarani, dari Kitab At - Targhib)

Hadits keempat yaitu Ketinggalan Satu Shalat Seolah - olah Kehilangan Seluruh Harta dan Keluarga

Dari Sayyidina Naufal bin Mu'awiyah Radhiyallahu 'anhu, Baginda Nabi SAW bersabda, "Barangsiapa terlewatkan olehnya satu shalat, seolah - olah telah kehilangan seluruh keluarga dan hartanya." (H.R. Ibnu Hibban, Kitab At - Targhib)

Hadits kelima yaitu Mengumpulkan Shalat Tanpa Udzur Adalah Dosa Besar

Dari Sayyidina Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma, ia mengatakan bahwa Baginda Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa mengumpulkan dua shalat tanpa udzur dalam satu waktu, sungguh ia telah memasuki salah satu pintu dari pintu - pintu dosa besar." (H.R. Hakim, dari Kitab At - Targhib)

Hadits keenam yaitu Shalat Akan Membantu Kita Pada Hari Kiamat

Dari Sayyidina Abdullah bin Amr Radhiyallahu 'anhuma, dari Baginda Rasulullah SAW, sesungguhnya suatu hari beliau membicarakan tentang masalah shalat, lalu beliau bersabda, "Barangsiapa menjaga shalat, shalatnya akan menjadi cahaya, pembela, dan penyelamat baginya di Hari kiamat. Barangsiapa tidak menjaga shalatnya, niscaya tidak ada cahaya, pembela, dan penyelamat baginya pada Hari kiamat, dan pada Hari kiamat ia akan dikumpulkan bersama Fir'aun, Haman, dan Ubay bin Khalaf." (H.R. Ahmad, Ibnu Hibban, dan Thabarani, dari kitab Durrul Mantsur)

   Dengan adanya hadits - hadits di atas kita dapat menyimpulkan bahwa menjaga shalat sangatlah penting, terutama shalat fardhu yang bersifat WAJIB ditunaikan oleh seluruh umat muslim di dunia,
Karena jika di tinggalkan dapat mendatangkan adzab Allah SWT yang besar lagi dahsyat.
   Semoga kita termasuk hamba - hamba Allah SWT yang selalu dijaga keimananya agar kita beruntung di dunia maupun akhirat. Dan semoga artikel ini bermanfaat ~

Wassalammualaikum WR.WB

https://youtu.be/UNu6XrNugrU https://youtu.be/3Y2z6wHRo-Q

Comments

  1. https://bocahgaole.blogspot.co.id/2017/12/apakah-kiamat-akan-terjadi.html

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Will Doomsday Happen?

Anjuran Untuk Memakan Harta Yang Halal Dan Menjauhi Harta Yang Haram